Beranda Keagamaan Ratusan Kendaraan Bakal Ramaikan Pawai Hari Santri Nasional

Ratusan Kendaraan Bakal Ramaikan Pawai Hari Santri Nasional

215
0

Satumejanews.id. SAMARINDA : Ratusan kendaraan direncanakan akan ikut pawai, untuk menyemarakkan hari santri Nasional, Sabtu (22/10/2022), di kecamatan Samarinda Utara. Pawai itu akan diawali dari Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Falah, jalan Wanyi, Bengkuring, Sempaja, Kecamatan Samarinda Utara.

Kegiatan yang digelar Majelis Wakil Cabang (MWC) Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Samarinda Utara itu, memperoleh sambutan masyarakat. Pelaksanaan semarak hari Santri di Kecamatan Samarinda Utara menurut Ketua Panitia Selamet Widodo akan dimulai sejak pukul 07.00 Wita.

Peserta pawai akan mengikuti upacara bendera dalam rangka hari Santri yang berlangsung di halaman Ponpes Al-Falah. Kemudian, dilanjut pawai dimulai sekitar pukul 08.30 Wita, mengitarai wilayah kecamatan Samarinda Utara dan di lanjutkan dengan acara inti pelaksanaan peringatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW yang berlangsung di lapangan Lempake.

Para Santri berdoa saat memperingati hari santri nasional (kompas)

Sekretaris Panitia Abd Khotib mengatakan pelaksanaan pawai kendaraan akan dimulai dari Ponpes Al-Falah dilanjut ke jalan Padat Karya Sempaja, masuk jalan Wahid Hasyim II belok kiri ke kalan PM Noor hingga masuk ke jalan DI Panjaitan dilanjut menuju kantor Camat Samarinda Utara, masuk ke jalan Gunung Kapur, jalan Bedeng, finish di Lapangan Lempake.

“Hingga malam ini yang menyatakan mengikuti sudah lebih 50 kendaraan roda empat, dan 60 kendaraan roda dua. Semoga besok cuaca cerah sehingga acara berjalan lancar,” ucap Abd Khotib yang ditemui di tengah-tengah persiapan acara.

Dalam pelaksanaan tablik akbar akan menghadirkan penceramah Habib Hasyim bin Abdullah BSA. “Kami sangat berharap warga masyarakat di kecamatan Samarinda Utara bisa menghadiri acara tablik akbar tersebut untuk mengambil barokahnya. Selain juga akan diberikan doorprize kepada jamaah yang beruntung. Kami perkirakan sekitar 2.000 jamaah akan memenuhi lapangan Lempake,” ujar Abd Khotib.

Dijelaskan Abd Khotib peserta yang sudah menyatakan akan turut mengerahkan massa jamaah antara loain dari Ranting Sempaja Utara, Sempaja Timur, Sempaja Barat, Tanah Merah, Pampang, Sempaja Selatan, Banser Samarinda Utara dan para Santri Ponpes Al Falah.

Sementara itu Camat Samarinda Utara Syamsu Alam menyatakan,  menyambut gembira pelaksanaan hari Santri di Kecamatan Samarinda Utara ini. “Saya senang, pelaksanaan Semarak Hari Santri ini, kita buat semeriah mungkin agar warga kecamatan Samarinda Utara memahami bahwa tanggal 22 Oktober adalah peringatan hari Santri Nasional. Ayo ramai-ramai kita kunjungi tablik akbar,” ucap Syamsu Alam.

Para santri di sebuah pondok sedang memanjatkan doa (liputan6)

Syamsu menyampaikan ucapan terima kasih kepada rekan-rekan panitia dan penggagas acara semarak hari santri di Kecamatan Samarinda Utara ini. “Tanpa kerja keras rekan-rekan panitia, acara tidak akan berlangsung sukses. Saya mewakili pemerintah  menyampaikan ucapan terima kasih yang sedalam-dalamnya sehingga acara berhasil digelar,” ucap Syamsu Alam dari lubuk hati.

RELAWAN EMT-ITS BACKUP

Dalam pelaksanaan hari santri yang relawan Emergensi Medical Team (EMT) Info Taruna Samarinda (ITS) akan menurunkan beberapa satuan yang akan membackup kegiatan tersebut. “Rekan-rekan satuan relawan EMT-ITS yang tidak ada kegiatan besok bisa stanbykan unit ambulan dan tenaga medisnya untuk backup acara tersebut. Antisipasi, karena banyak massa sehingga khawatir terjadi sesuatu hal yang tidak kita harapkan sehingga bisa cepat tertangani,” harap Joko Iswanto ketua ITS saat dikonfirmasi media ini.

Hingga malam ini satuan EMT-ITS yang akan turun membackup kegiatan Semarak Hari Santri di Kecamatan Samarinda Utara antara lain Satuan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Samarinda, ambulan PWI Kaltim Peduli, Ambulan Ika Pakarti, dan Ambulan DPU.(sm8)

Artikulli paraprakPolres Batu Distribusikan Bansos ke Sumber Manjing Wetan Daerah Terdampak Bencana
Artikulli tjetërIKN, Kurang Apa Lagi?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini