Beranda Kalimantan Selatan 129 Kades di HSS Resmi Definitif, Bupati Fikry : Susun RPJMD dan...

129 Kades di HSS Resmi Definitif, Bupati Fikry : Susun RPJMD dan Jangan Main-main Dana Desa

2205
0

Bupati HSS, H Achmad Fikry ketika menyerahkan SK pengangkatan kepada Kades Bamban Utara, Ismail. (ist)

KANDANGAN – Resmi sudah 129 Kepala Desa (Kades) terpilih menjadi Kades definitif seusai dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), H Achmad Fikry di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, Kamis (28/7/2022).

Para Kades atau Pembakal yang semuanya mengenakan seragam putih putih itu mau tak mau, suka atau tidak suka, kini mengemban amanat rakyat. Harus menjalankan roda pemerintahan desa periode 2022 – 2028 di HSS, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Ismail, 60 tahun, Kades Bamban Utara, Kecamatan Angkinang, itu misalnya, sempat menebar senyum ceria ketika menerima SK Pengangkatan dari Bupati Fikry. Terlebih “orang nomor satu” HSS itu memberi ucapan selamat kepada Pembakal Mail.

Begitu pula ratusan Kades lainnya. Semuanya memang larut dalam suka cita bersama istri, anak dan keluarga lainnya yang hadir pada acara pelantikan dan pengambilan sumpah para Kades yang terpilih pada Pilkades serentak HSS, 2 Juni 2022 lalu.

Camat Angkinang, Sabilal Rasyad langsung merangkul dan foto bersama 11 Kades di wilayahnya seusai acara pelantikan.

Bupati Fikry sendiri merasa bangga dan gembira. Sebab, terlaksananya pelantikan dan pengambilan sumpah 129 Kades ini sekaligus mengakhiri hiruk pikuk Pilkades serentak di HSS.

“Saya ucapkan selamat kepada semua Kades yang dilantik. Saya harap bapak dan ibu bisa menempatkan diri dan menjadi cerminan seorang kepala desa yang mengayomi semua warga desanya,” ujar Bupati Fikry.

Bupati Fikri pun berharap para Kades ini segera menyusun Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) 6 tahun ke depan dengan tetap memenuhi atau menyesuaikan aturan hukum.

Di bagian lain, Bupati HSS juga meminta para Kades agar mengelola dana desa dengan baik. “Jangan main main dengan dana desa. Satu rupiah pun dana desa itu harus dipertanggungjawabkan dan langsung diaudit oleh BPK,” tekannya

Terkait tugas lain yang mendesak sekarang ini, Bupati Fikry menghendaki para Kades bisa memacu dan menyukseskan vaksin booster, dan menuntaskan potensi stunting. “Mari gerakkan semua potensi untuk meningkatkan capaian vaksin booster dan menurunkan angka stunting di HSS,” katanya.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah 129 Kades di alam terbuka ini aman dan lancar. Walau berlangsung di bawah cuaca mendung acaranya tetap mendapat perhatian dari berbagai pihak, dan masyarakat.

Antara lain hadir Wakil Bupati HSS, Syamsuri Arsyad, Forkompimda HSS, pejabat lingkup Pemkab HSS, pejabat instansi vertikal, para Camat, Ketua TP.PKK HSS, Hj Isnaniah Achmad Fikry, dan undangan lainnya. (smn10)

Artikulli paraprak80 Persen Masyarakat Kutim Sudah Tercover BPJS Kesehatan
Artikulli tjetërSMP Budi Luhur dan SMPN Sangut Juara Dandin Cup, Berhak Wakili Kutim ke LCC Danrem Cup