Beranda Infrastruktur Belum Merata, Infrastuktur Dasar Dosoroti Anggota DPRD Kutim

Belum Merata, Infrastuktur Dasar Dosoroti Anggota DPRD Kutim

1125
0

Satumejanews.id. SANGATTA – Belum meratanya pembangunan infrastruktur dasar sejumlah daerah di Kutim, terjadinya kelangkaan air bersih, keterbatasan listrik dan sulitnya akses sinyal telekomunikasi, mendapat sorotan anggota DPRD Kutim, Sayid Anjas. Sebab, kecamatan terjauh masih belum merasakan ‘kemerdekaan’.

“Seperti daerah Sandaran, Tanjung Mangkalihat dan Busang, di sana belum memiliki akses lampu, air, bahkan sinyal yang memadai,” ujar Sayid Anjas, kepada awak media, Senin (13/11/2023).

Sayid Anjas juga menyampaikan bahwa distribusi air di Kaliorang, Kaubun dan Karangan distribusi pipa air bersih masih belum optimal. Ia menggarisbawahi urgensi membantu masyarakat yang kesulitan mengakses air bersih, terutama di wilayah pedesaan.

“Mereka paling kasihan di sana, apalagi itu kebutuhan dasar seharusnya yang paling utama dibantu,” tambahnya.

Sayid Anjas melanjutkan dengan mengungkapkan alokasi anggaran yang telah disiapkan untuk memperbaiki situasi ini.

“Tahun 2024, ada anggaran sebesar Rp 25 milyar yang akan digunakan untuk distribusi pipa. Namun, progres di daerah seperti Telen dan Sandaran masih perlu diperhatikan,” katanya.

Selain masalah PDAM, akses listrik juga menjadi fokus perhatian Sayid Anjas. la menekankan perlunya upaya untuk memperluas cakupan listrik ke pedalaman, khususnya melalui energi terbarukan.

“Pemkab boleh menganggarkan ke pedalaman, terutama dengan pemanfaatan panel surya yang dapat menjadi solusi terdepan jika PLN tidak siap membangun sampai ke wilayah pedalaman,” tandasnya.

Sayid Anjas juga mencermati kendala akses sinyal yang menghambat programprogram seperti beasiswa bagi masyarakat. “Masyarakat terkendala mengakses program-program seperti beasiswa karena tidak ada sinyal. Ini perlu penanganan serius agar potensi masyarakat tergali optimal,” pungkasnya. (adv)

Artikulli paraprakBupati Lepas 9 Atlet Difabel Ikuti POR Paralympic Kaltim di Balikpapan
Artikulli tjetërInternet di Sekolah Harus Memadai, Tunjang Pelaporan Beasiswa Kutim

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini