Beranda Nasional Waspada, Sabtu-Minggu ini Sembilan Daerah di Kaltim Diprediksi Hujan Petir

Waspada, Sabtu-Minggu ini Sembilan Daerah di Kaltim Diprediksi Hujan Petir

1313
0

Satumejanews.id. BALIKPAPAN – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sembilan dari 10 kabupaten/kota di Provinsi Kaltim mengalami hujan berpetir disertai angin kencang pada Sabtu-Minggu, 8-9 Juli 2023, sehingga semua pihak diimbau waspada.

“Dampak peristiwa tersebut antara lain banjir, sungai meluap, pohon tumbang, jalan licin, dan tanah longsor,” ujar Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Balikpapan Carolina Meylita Sibarani di Balikpapan, Jumat.

Sembilan daerah yang diprakirakan mengalami peristiwa itu adalah Kota Balikpapan, Samarinda, Bontang, Kabupaten Kutai Barat, Kutai Timur, Mahakam Ulu, Penajam Paser Utara, dan Paser, hanya Kabupaten Berau yang mengalami hujan ringan.

Rinciannya antara lain hujan berpetir di Balikpapan berpotensi terjadi pada Sabtu sekitar pukul 23.00 WITA di Kecamatan Balikpapan Selatan dan Balikpapan Tengah, kemudian Minggu dini hari sekitar pukul 02.00 terjadi di Kecamatan Balikpapan Kota.

Di Kota Samarinda, lanjutnya, hujan berpetir diprakirakan terjadi Minggu dini hari di enam kecamatan yakni kecamatan Sungai Pinang, Samarinda Ilir, Samarinda Kota, Samarinda Utara, Samarinda Ulu dan Kecamatan Sambutan.

Kota Bontang, hujan perpetir juga berpotensi terjadi pada Minggu dini hari di semua kecamatan, sementara pada Sabtu pukul 20.00 hingga Minggu pukul 06.00 WITA, hujan ringan diprakirakan terjadi di semua kecamatan.

Hujan berpeter di Kabupaten Kutai Kartanegara diprakirakan terjadi pada Sabtu pukul 20.00 di empat kecamatan yakni Muara Jawa, Anggana, Loa Janan, dan Samboja, pukul 23.00 WITA di Kecamatan Muara Muntai dan Muara Wis.

Sedangkan pada Minggu dini hari, hujan petir berpotensi terjadi pada tujuh kecamatan yakni Kecamatan Tenggarong, Muara Badak, Sebulu, Kota Bangun, Loa Kulu, Marangkayu, dan Muara Kaman.

“Di Kabupaten Kutai Timur, hujan petir diprakirakan terjadi pada Minggu dini hari di lima kecamatan yakni Batu Ampar, Long Mesangat, Muara Bengkal, Telen, dan Kecamatan Teluk Pandan,” kata Carolina. (*)

Artikulli paraprakDayana Cantik dari Kazakhstan
Artikulli tjetër406 Titik Panas  di Kaltim Terdeteksi BMKG  

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini