Beranda Pertanian Bupati dan Warga tanam 500 Pohon di DAS Sangatta, Ardiansyah : Jaga...

Bupati dan Warga tanam 500 Pohon di DAS Sangatta, Ardiansyah : Jaga Kelestarian Pohon Asli Kalimantan

18590
0

SANGATTA, Satumejanews.id – Sebagai upaya lanjutan Program Konservasi Keanekargaman Buah Langka Nusantara (Pranakarsa), Sebanyak 500 bibit buah langka ditanam di tepi sungai Sangatta, tepatnya di Kampung Iklim II Kabo Jaya, Desa Swarga Bara, Kecamatan Sangatta Utara, yang di hadiri oleh Bupati Kutai Timur(Kutim) H Ardiansyash Sulaiman, Sabtu,(2/4/2022) pagi.

Ardiansyah dalam kesempatan itu mengatakan, kegiatan menanam pohon merupakan bagian dari gerakan penghijauan yang harus di lakukan, sebagai upaya menjaga dan melestarikan lingkungan serta memberikan dampak yang sangat positif bagi masyarakat. terlebih jenis pohon yang di tanam merupakan tumbuhan asli(Endemik) Kalimantan, yang sudah mulai langka dan susah untuk di jumpai.

“Kegiatan penanaman pohon langka ini dalam rangka menyelamatkan atau mengonservasi agar ke depan tidak punah,” ucapnya di hadapan Danlalal Sangatta I Komang Nurhadi, Camat Sangatta Utara Masdiah, beberapa kepala OPD serta undangan yang hadir.

Ardiansyah menambahkan, pohon juga memberikan pengaruh baik bagi lingkungan seperti berperan sebagai penyangga dan dapat menstabilkan aliran tepi sungai, serta membantu menyaring dan mencegah pengangkutan sedimen dan bahan kimia ke sungai.

“Seperti yang kita lakukan sekarang, mudah-mudahan menjadi langkah awal untuk bisa mengantisipasi meluapnya Daerah Aliran Sungai(DAS) Sangatta ini, meskipun belum bisa mampu menjangkau secara keseluruhan,”jelasnya.

Terkait DAS Sangatta, Ardiansyah yang hadir didampingi oleh istrinya Ny Hj Siti Robiah, mengungkapkan, sungai sepanjang 92 kilometer tersebut, memang perlu dilakukan langkah yang kongkrit, salah satunya dengan melakukan normalisasi sungai yang memisahkan antara dua kecamatan Sangatta Utara dan Sangatta Selatan tersebut.

“Kami(Pemkab Kutim) sudah lakukan koordinasi, karena secara Tupoksi, (DAS) ini merupakan wewenangnya Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur,” terangnya.

Sebelumnya Deputy Project Manager PT Pama Persada Nusanatara Site Sangatta Bambang Agus Witoyo mengatakan, gerakan penananaman ini merupakan upaya lanjutan Program Pranaraksa, yang merupakan bagian dari 5 fokus utama program CSR PT Pama, salah satunya adalah manajemen pengelolaan lingkungan.

“Adapun Jenis bibit Buah Langka Endemik Kalimantan yang ditanam, yakni Rambal, Ihau, Keledang, Matoa, Rambutan, Cempedak, Durian dan Gaharu,”jelasnya.

Kegiatan di tutup dengan melakukan Penanaman Pohon secara serempak yang turut melibatkan, beberapa Kepala OPD, unsur Forkopimda, forum DAS Sangatta, Mahasiswa, Komunitas 3R (Reuse,Reduce dan Recyle) Sangatta serta tokoh masyarakat yang hadir.(smn5)

Artikulli paraprakPerempuan Muda HST Kedapatan Menyimpan 6 Paket Sabu, Sudah Diamankan dan Diproses Polisi
Artikulli tjetër“Applause” Jos Soetomo