SANGATTA – Bupati Kutai Timur(Kutim) H Ardiansyah Sulaiman mengatakan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi mempunyai tugas yang tidak mudah untuk memastikan ketersediaan tenaga kerja lokal yang mempunyai kualifikasi yang di butuhkan oleh dunia usaha maupun bagi mereka yang ingin bekerja secara mandiri.

“Akan tetapi, antara kemandirian masyarakat(tenaga kerja lokal) dengan pemenuhan tenaga untuk kebutuhan dunia usaha itu harus di berikan secara bersamaan, “ ujar Ardiansyah saat memberikan sambutan dalam acara Penandatangan Kesepakatan dan Perjanjian Kerjasama Pemkab Kutim dengan PT. Centra Aman Sentosa dan PT. Indomarco Prismatama, diruang Tempudau, Kantor Bupati, Senin(6/6/2022).

Dalam acara yang juga di hadiri Kepala disperindag, Zaini, Kadis DPM PTSP, Teguh Budi Santoso serta Perwakilan masing-masing perusahaan tersebut, Ardiansyah membeberkan, Kutim merupakan daerah yang di tetapkan oleh BAdan Perencanaan Pembangunan Nasional(BAPENAS) dinobatkan sebagai sebagai salah satu wilayah penyangga Ibu Kota Negara(IKN) di bidang ekonomi Inovatif.

“salah satu alasanya, karena banyak investor yang ingin masuk dan menjalankan usahanya di sini(Kutim)Kreatif, “ ujarnya

Dengan meningkatnya investasi yang masuk, sudah seharusnya Kutim harus meberdayakan masyaraktnya terutama tenaga kerja lokal untuk memenuhi permintaan dan kebutuhan ketenagakerjaan yang diperlukan. Ardiansyah juga meminta kepada Disnaker Kutim, untuk bisa meningkatkan kualitas Balai Latihan Kerja(BLK) yang dimiliknya, dengan berbagai macam Kualifikasi yang di sesuaikan dengan kebutuhan saat ini.

“Dan, dengan adanya kerjasama ini, lebih memungkinkan untuk mencukupi kebutuhan itu, “ ucap Ardiansyah.

Sebelumnya Kepala Bagian Kerjasama Seskab Kutim, Ardiyanto Indra Purnomo, Kerjasmasa antara Pemkab Kutim dengan PT. Centra Aman Sentosa, untuk melaksanakan bimbingan dan pelatihan kerja guna meningkatkan Kopetensi sehingga sumber Daya manusia mampu bersaing dan bertransformasi di era digital.

“sedang dengan PT Indomarco Indomarco Prismatama cabang Samarinda, yakni melaksanakan Kemitraan pemasaran produk UMKM pilihan Kutim, “ terangnya.(smn5)

Artikulli paraprakAir Minum dan Kesenjangan Kesejahteraan Rakyat
Artikulli tjetërPemkab Kutim Jalin Kemitraan Pasarkan Produk UMKM dengan PT Indomarco